Khawatir Alatnya Rusak, Klinik Gigi di Inggris Tolak Pasien Gemuk

0e26a73b-9966-40f8-9c13-c6e0e279763f_43Wales, Klinik Maendy Dental Practice di Wales mengeluarkan surat pemberitahuan menolak layani pasien dengan obesitas. Alasannya mereka takut kursi praktiknya rusak.

Pihak klinik mengatakan mereka terpaksa untuk menghentikan kunjungan pasien yang bobotnya berlebih untuk melindungi peralatannya yang mahal dan kesalamatan staf. Oleh karena itu setiap pasien yang membuat janji bertemu dokter sebelumnya diberi surat peringatan.

“Harap diperhatikan kalau kursi pasien punya batasan berat. Jika kursi tidak bisa beroperasi atau bergerak seperti semestinya maka kami terpaksa tak bisa melayani Anda karena alasan kesehatan dan keamanan,” tulis pengelola klinik dalam surat seperti diberitakan Wales Online, dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (31/7/2015).

Seorang juru bicara untuk klinik mengatakan kursi pasien tersebut berharga minimal sekitar Rp 150 juta. Kursi bisa menahan beban sampai 120 kilogram namun belakangan makin banyak yang datang dengan berat lebih dari itu.

Di Inggris daerah The South Wales Valleys memang dikenal dengan tingkat obesitasnya yang tinggi dan minimnya aktivitas olahraga di antara penduduk. Pada April lalu seorang warga setempat bernama Georgia Davis yang disebut remaja tergemuk di Inggris menarik perhatian media karena harus diangkat pakai derek dari rumahnya ke rumah sakit.

“Ketika orang pergi ke dokter gigi mereka tak mempertimbangkan beratnya akan memengaruhi perawatan dan tentu bukan kapasitas kita untuk menasihati soal berat badan,” kata juru bicara klinik.

“Namun kami harus melindungi staf kami sendiri. Beberapa orang yang berkunjung tak bisa bergerak sendiri duduk di kursi rawat sehingga kami ingin memastikan staf tak mencederai diri ketika membantu mengangkat pasien,” lanjutnya seperti dikutip dari Daily Mail.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *