Logo Klinik Gigi Joy Dental
Beranda » Artikel » Karies gigi penyebab gigi berlubang

Karies gigi penyebab gigi berlubang

Februari 17, 2015

Masalah umum yang sering terjadi pada gigi adalah gigi keropos karena masalah karies. Karies gigi ini sering terjadi karena kebersihan gigi yang kurang terjaga. Karies gigi merupakan penyakit infeksi gigi yang sudah terjadi sejak masa lalu dan dikenal bisa merusak struktur gigi. Infeksi gigi ini menyebabkan gigi berlubang, gigi keropos dan gigi patah.

Keterlambatan penanganan pada gejala karies gigi ini dapat menyebabkan nyeri gigi atau sakit gigi, gigi lepas atau gigi tanggal, infeksi pada gigi dan gusi serta dapat mengakibatkan kasus berbahaya lainnya bahkan yang terparah yaitu kematian.

Berbagai bukti gigi yang ditemukan dan diteliti oleh para ahli telah menunjukkan bahwa karies gigi ini telah ada sejak zaman perunggu, zaman besi, dan zaman pertengahan. Penyebab peningkatan prevalensi karies banyak dipengaruhi dari perubahan pola makan masing-masing individu. Kini, karies gigi telah menjadi penyakit yang tersebar di seluruh dunia sehingga menjadi penyakit umum yang sering terjadi pada manusia.

Karies gigi dapat tampak nyata dan dapat dilihat oleh mata telanjang. Hal ini akan menyebabkan kepercayaan diri menurun, timbulnya rasa malu dan tentu juga menyebabkan masalah pada gigi karena kesehatan gigi dan mulut kurang dijaga dengan baik.

Terkadang, karies gigi juga tidak terlihat. Penyakit ini bisa tersembunyi, berada pada gigi bagian dalam sehingga membutuhkan bantuan radiografi untuk mengamatinya. Teknologi Radiografi membantu mengamati daerah-daerah pada gigi dan dapat membantu dokter dan para ahli gigi untuk menetapkan seberapa jauh penyakit itu menimbulkan kerusakan pada gigi.

Jika karies gigi menjadi semakin parah, akan menimbulkan rasa sakit yang dapat mempengaruhi kinerja otak. Hal ini akan sangat mengganggu. Untuk bantuan konsultasi gratis, Silahkan hubungi Klinik Joy Dental Yogyakarta sekarang juga. Kami akan berusaha memberikan solusi atas masalah kesehatan gigi dan mulut yang anda alami dengan sebaik-baiknya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram