Hindari Makanan Ini Sehabis Operasi Gigi

Operasi gigi untuk mencabut gigi geraham paling belakang mungkin pernah dialami oleh sebagian dari kita. Ada beberapa penyebab gigi yang dikenal dengan istilah gigi bungsu ini perlu dicabut, antara lain arah tumbuhnya yang salah sehingga membuat kerusakan pada gusi atau struktur gigi lain.

Para dokter bedah gigi merekomendasikan adanya pengaturan makan sehabis operasi gigi untuk menghindari komplikasi seperti dry socket atau alveolitis. Kondisi ini merupakan hilangnya bekuan darah dari soket dan umum terjadi setelah operasi gigi bungsu.

Mau tahu makanan apa saja yang harus dihindari setelah operasi gigi? Simaklah empat jenis makanan berikut.

1. Makanan panas
Beberapa hari pertama sehabis operasi sebaiknya Anda menghindari makanan panas. Suhu panas meningkatkan pemecahan darah di soket sehingga memicu infeksi atau dry socket. Jika ingin memakanan makanan panas, maka sebaiknya ditunggu hingga suhunya mencapai suhu ruang.

2. Cair dan bertekanan
Setelah operasi gigi, para dokter memang menyarankan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Namun sebaiknya Anda menghindari minum dengan sedotan karena dapat meningkatkan tekanan negatif pada gusi yang memicu dry socket. Selain itu, Anda juga perlu menghindari kegiatan yang membutuhkan hisapan, seperti merokok.

3. Alkohol
Menurut dr. Zaf Khouri dari Dental Excellence, Anda perlu menghindari minuman beralkohol untuk 24 jam pertama setelah operasi gigi. Hal ini dikarenakan alkohol dapat menghambat proses penyembuhan yang berarti memperlama waktu untuk menunda makan makanan padat.

4. Makanan kecil
Sebaiknya Anda menghindari makanan yang berbentuk butiran kecil, seperti biji-bijian termasuk nasi. Butir-butiran kecil ini dapat “terperangkap” dalam soket sehingga memicu infeksi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *