Hati-hati! Akibat Fatal Sembarangan Pasang Behel

Biaya pemasangan behel biasanya berkisar antara enam hingga belasan juta rupiah. Tidak murah memang, karena bahan dan material kawat gigi harus yang berkualitas tinggi dan masih lebih banyak diimpor dari luar negeri. Mulai dari bracket metal, wire, karet hingga bahan perekatnya pun harus khusus.

Ada beberapa tempat yang menawarkan pemasangan behel dengan harga dua kali lipat lebih murah. Namun biasanya terdapat di tempat-tempat atau ‘klinik’ yang akreditasinya diragukan. Hal itu pun tidak disarankan para dokter gigi.

Menurut drg. Citra Gemaradhita, pemasangan behel yang bukan dilakukan orang yang ahli di bidangnya bisa berakibat fatal. Hal itu karena mereka tidak mengerti syaraf gigi, langkah perawatan, juga tidak memiliki fasilitas seperti rontgen foto. Padahal rontgen termasuk tahapan awal yang penting sebelum memasang kawat gigi.

“Jadi bisa saja tukang gigi asal tarik gigi yang penting rapi,” tukasnya saat berbincang dengan wolipop di tempat prakteknya di kawasan Jl. Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/03/2013).

Asal tarik gigi bisa sangat berisiko bagi kesehatan gigi. Fungsi gigi akan buruk, misalnya tidak mampu lagi mengunyah dengan baik dan mengakibatkan open bite (gigitan antara gigi atas dan bawah tidak sempurna).

“Risiko lainnya adalah TMJ atau temporomandibular joint disorder yaitu sakit bagian otot dan syaraf jadi non vital (mati),” ujar dokter gigi yang berpraktek di Citra Beauty Center Dental Care ini.

Bagaimana dengan behel langsung pasang yang kini banyak dijual bebas di pasaran? “Perangkatnya beda. Terbuat dari kawat biasa. Kawatnya pun belum tentu steril dan tidak jelas kawat bekas apa,” jelasnya.

Jadi sebaiknya lakukan pemasangan gigi hanya pada dokter spesialis orthodontic, atau ahli estetika gigi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *