Gigi Berlubang Tak Selalu Perlu Dicabut

 TANYA:
Salam sehat dokter Citra. Dok, gigi geraham bawah saya terkena penyakit karies gigi dan setelah saya konsultasikan ke dokter gigi saya diminta untuk mencabutnya (4 gigi, 2 graham kiri dan 2 graham kanan). Gigi saya ini tidak pernah tanggal sebelumnya sejak saya masih kecil. Jika gigi saya ini dicabut, apa bisa tumbuh lagi? Terima kasih.
Umi Sholihah (20), Mataram

JAWAB:
Hai Umi di Mataram,
Untuk menentukan apakah gigi geraham Anda perlu dicabut atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan secara klinis terlebih dahulu. Serta pemeriksaan radiografis (rontgen) jika diperlukan. Pada usia Anda saat ini, seluruh gigi geraham pertama dan kedua pada rahang atas maupun bawah, telah memasuki periode gigi tetap. Artinya, jika geraham Anda dicabut, tidak akan ada lagi gigi pengganti yang akan tumbuh.

Namun, jika memang benar gigi geraham Anda tidak pernah tanggal dari kecil, mungkin saja Anda mengalami kasus gigi supernumerary atau gigi berlebih. Hal ini memang perlu dilakukan pencabutan, sebab jika tidak dicabut akan mengalami kasus gigi berjejal. Pada kasus gigi berjejal, akan menyulitkan proses pembersihan gigi-gigi lainnya.

Kasus gigi karies atau gigi berlubang, tidak harus selalu dilakukan pencabutan. Karies gigi dapat langsung ditambal, jika tidak ada gejala seperti rasa sakit spontan terus-menerus. Namun jika sudah ada gejala tersebut, maka perlu dilakukan pemeriksaan seperti yang saya sebut diawal paragraf. Jika dari hasil pemeriksaan klinis maupun radiografis, ternyata dapat dipertahankan, maka pilihan perawatannya adalah dilakukan perawatan saluran akar gigi.

Penjelasan mengenai perawatan saluran akar gigi, dapat Anda lihat pada konsultasi kesehatan gigi dan mulut sebelumnya, tanggal 16 April 2014 dengan judul “Gigi Berlubang dan Infeksi, Ini Tandanya”.

Saat ini, Anda dapat mencari opini yang kedua ke dokter gigi spesialis konservasi gigi atau dokter gigi lain yang ada di kota Anda. Anda juga dapat kembali lagi ke dokter gigi sebelumnya, dan tanyakan kembali alasan perlunya dilakukan pencabutan.
Demikian Umi, semoga bermanfaat.

Salam gigi sehat.

Konsultasikan kesehatan gigi dan mulut seperti Layanan Perawatan Ortodontik, Pembuatan Gigi Tiruan, Perawatan Saluran Akar, Cabut Gigi, Tambal Gigi, Pembersihan Karang Gigi, Tooth Whitening/Bleaching, Pasang Behel Gigi atau Kawat Gigi untuk anda dan keluarga anda di Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-55540 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Bungong Jeumpa)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Bantul
RingRoad Barat, Selatan UMY
(setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasi pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti tambal gigi geraham atas, contoh gigi yang masih bisa ditambal, gigi keropos bisa ditambal, tambal gigi atas, apakah gigi tambalan bisa memakai behel, bolehkah gigi sakit ditambal, gambar gigi tidak dapat ditambal jika gigi, gigi tambalan berlubang lagi dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behel gigi atau kawat gigi

2 thoughts on “Gigi Berlubang Tak Selalu Perlu Dicabut

  1. vanny

    Dok apakah gigi geraham atas yg terjepit dan berlubang bisa dilakukan penambalan ataukah harus dicabut? Masalahnya sakit sekali…
    Terimakasih

    • admin

      Selamat Pagi, untuk kasusnya Vanny sebaiknya diperiksa ke klinik dulu ya. Sudah tau lokasi Joy Dental? Terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *