Cara Unik Pengganti Sikat Gigi

Bogor – Untuk anda yang sering mobile, terutama anda yang dengan tingkat aktivitas yang sangat tinggi.  Pasti dituntut untuk selalu tampil sempurna.  Salah satu penunjuang penampilan menjadi sempurna adalah kebersihan mulut dan gigi.  Kebersihan mulut dan gigi itu penting, apalagi banyak orang cenderung menilai dari tampilan gigi dan bau napas.   So, jangan biarkan orang mencemooh Anda hanya gara-gara masalah sepele ini.

Namun, membayangkan anda membawa semua alat yang dibutuhkan setiap hari, tentu akan melelahkan dan ribet.  Jika suatu saat anda lupa membawa sikat gigi, maka jangan khawatir.  Anda masih bisa kok memiliki gigi bersih dan nafas segar.  Berikut ini beberapa alternatif pengganti ritual sikat gigi.

Gunakan jari Anda
Jari Anda memiliki permukaan kasar yang dapat digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak di permukaan gigi. Mulailah dengan cuci tangan Anda untuk memastikan kebersihannya, kemudian gunakan jari telunjuk yang basah dan sudah diberikan odol. Sikat gigi dengan jari tadi hingga Anda merasa sudah cukup bersih, dilanjuti berkumur dan cuci jari Anda dengan air. Ulangi proses yang sama untuk sisi belakang gigi.

Makan Apel
Sejak jaman dahulu, apel ini dipercaya sebagai pasta gigi alami. Coba saja rasakan, ketika makan buah apel, ada rasa kesat pada gigi. Kandungan vitamin C dan airnya, bisa membantu merawat gusi dan memaksimalkan apel sebagai pasta gigi darurat.

Pakai tisu basah
Ketika tidak membawa sikat gigi, coba manfaatkan tisu yang sudah dibasahi dan telah diberi odol. Sikat satu sisi gigi kemudian berkumur. Ulangi hal yang sama pada bagian gigi lainnya.

Makan Wortel

Sama seperti apel, wortel ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pasta gigi darurat cukup dengan mengunyahnya beberapa kali. Rasa kesat dan bersih akan dirasakan gigi, dan Anda pun siap beraksi.

Memanfaatkan tusuk gigi
Tusuk gigi juga bisa menjadi pengganti sikat gigi. Gunakan tusuk gigi untuk menggaruk penumpukan plak pada permukaan gigi dan akhiri dengan berkumur. Tapi, jangan terlalu menekan tusuk gigi ke gigi, karena dapat menyebabkan gusi berdarah.

Makan makanan yang renyah
Untuk mendapatkan gigi bersih dan bau nafas segar, cobalah makan buah atau sayuran yang ‘kriuk-kriuk’, seperti apel, wortel, seledri atau lainnya.

Seledri

Sayuran yang juga tumbuhan obat ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Di negara Eropa, seledri justru dihidangkan mentah sebagai lalapan. Pada masa Yunani Klasik dan Romawi, seledri ini disebut-sebut sebagai sayuran ‘penyejuk perut’, dan tak hanya menyejukkan perut saja, seledri juga dapat membersihkan gigi.
Minum teh
Kandungan senyawa flavonoid dalam teh membantu mencegah bakteri jahat menempel di gigi yang dapat memicu gigi berlubang. Atau, dengan memakan keju karena kandungan protein whey dan kasein dalam keju membantu menjaga enamel gigi dan kandungan kalsiumnya baik bagi gigi.
Kumur dengan air putih
Kumurlah segelas air putih setiap jam. Semakin banyak air yang Anda minum, semakin banyak bakteri yang dibersihkan. Atau, kumur mulut Anda dengan air putih sebanyak yang dibutuhkan untuk gigi bersih.

Mengunyah permen karet ber-xylitol
Pilihan lain adalah dengan mengunyah permen karet. Permen karet dapat berfungsi untuk melembabkan mulut dan membersihkan makanan yang tersangkut diantara gigi. Cara ini juga membantu menyegarkan napas Anda. Pilih permen dengan sugar free yang bebas gula dan mengandung flour.

Menggunakan mouthwash
Menggunakan obat kumur antiseptik juga memberikan manfaat seperti menyikat gigi. Silahkan berkumur dengan mouthwash dengan berputar-putar beberapa kali di setiap sisi mulut. Lanjutkan dengan berkumur air setelah menggunakan mouthwash.

Namun tetap saja, pemeliharaan mulut dan gigi terbaik adalah dengan rutin menyikat gigi kita sesudah makan dan sebelum tidur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *