pasang behel jogja, pasang kawat gigi jogja, harga behel yogya, harga kawat gigi jogjakarta, biaya pasang behel gigi yogyakarta, klinik gigi jogyakarta, behel gigi sehat permanen yogja, kawat gigi permanen yogjakarta, Klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta | Praktek Dokter Gigi Yogyakarta | Pasang Kawat Gigi Yogyakarta | Pasang Behel Yogyakarta | Perawatan Orthodontik | Dental Care Yogyakarta

Berapa lama tambal gigi bisa tahan?

Banyak sekali yang bertanya masalah ketahanan tambalan gigi yang dilakukan oleh Dokter gigi pada gigi yang berlubang.

Tahan lama atau tidak tambalan gigi tergantung dari 2 pihak, dari dokter giginya dan pasien.

Dari dokter giginya faktor penting tentang ketahanan tambalan gigi adalah sebagai berikut.

  • Teknik penambalannya sudah tepat belum
  • Pemilihan bahan/material tambal gigi yang dipakai (setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing)
  • Tingkat kerusakan gigi (Besar gigi yang berlubang dan sisa jaringan gigi yang tersisa)
  • Posisi gigi yang ditambal, dll

Sedangkan dari pasien yang paling penting adalah kemauan untuk menjaga kebersihan giginya, setiap bahan telah ditetapkan standarisasinya (umumnya yang berbahan dasar logam lebih lama, minimal 10 tahun), tetapi tidak ada bahan tambal yang dapat secara sempurna menggantian jaringan gigi yang sebenarnya.

Oleh karena itu, apabila ingin tambalan tersebut tahan lama, sebaiknya pasien memperhatikan poin berikut.

  • Harus mau lebih memperhatikan kebersihan giginya.
  • Jangan memberikan beban berlebihan ke tambalan tsb, hindari makan2an yang keras ke bagian gigi yang ditambal itu. 
  • Kontrol secara rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali akan sangat membantu agar bisa diketahui adanya karies sekunder (lubang gigi yang terjadi disebelah gigi yang baru ditambal – ini adalah penyebab paling sering tambalan gigi lepas), 

Umur tambalan juga tergantung kepada kekuatan gigi itu sendiri dan bagaimana kita merawat gigiTips Rutin Menjaga serta Merawat Kesehatan Gigi & Mulut... baca selengkapnya... yang sudah di tambal tersebut.

Tambalan gigi berbahan dasar dari resin (plastik/karet cair) dapat bertahan hingga 15 tahun lebih. Dengan ukuran sekecil itu maka daya rekatnya menjadi sangat kuat. Semakin kecil ukuran partikelnya maka akan semakin kuat untuk menempel. Selain itu, tambalan gigi berbahan dasar resin metakrilat mampu menyesuaikan dengan warna gigi asli melalui bantuan sinar matahari. Harganya pun lebih murah 50 kali dibandingkan dengan bahan dasar porselen.

Namun, tambalan gigi berbahan dasar dari resin itu kurang efektif jika digunakan menambal posterior, seperti bagian gigi geraham yang mempunyai daya lubang yang sangat besar.

Karena pembuatan bahan dasar itu disesuakan dengan tingkat kerusakan gigi maka untuk gigi yang mempunyai lubang cukup besar dapat dimodifikasi dengan porselen yang dibuat dengan cara pigura atau frame.

Perawatan gigi yang bagus akan membuat tambalan gigi menjadi tahan lama seperti pengalaman beberapa pasien berikut.

Saat usia saya 15 tahun dan di umur saya yang ke 33 tambalan tersebut masih kuat dan warnanya tidak berubah. Tapi ingat bahwa kekuatan tambalan gigi tergantung dari bahan dan teknik penambalan. Oleh karena itu cari dokter gigi yang terkenal meskipun harganya relatif mahal.

Semoga bermanfaat
Terimakasih

Konsultasikan kesehatan gigiMENANGANI KALKULUS atau KARANG GIGI... baca selengkapnya... dan mulut seperti Layanan Perawatan OrtodontikHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya..., Pembuatan Gigi TiruanMacam Gigi Tiruan... baca selengkapnya..., Perawatan Saluran AkarBarapa Lama Perawatan Saluran Akar ?... baca selengkapnya..., Cabut GigiGigi berlubang, sebaiknya ditambal atau dicabut ?... baca selengkapnya..., Tambal Gigi, Pembersihan Karang GigiPembersihan Karang Gigi (Langkah Pertama Mengatasi Gusi Berdarah)... baca selengkapnya..., Tooth Whitening5 Makanan Enak Yang Bikin Gigi Jadi Kuning... baca selengkapnya.../Bleaching, Pasang BehelHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya... Gigi atau Kawat GigiHal Yang Perlu Diperhatikan Pemakai Kawat Gigi... baca selengkapnya... untuk anda dan keluarga anda di Klinik GigiPembuatan Gigi Tiruan... baca selengkapnya... Joy DentalMitos vs Fakta Seputar Gigi dan Mulut... baca selengkapnya... Yogyakarta dengan gratis.

Anda bisa datang langsung ke alamat Joy Dental di:

Joy Dental Kaliurang
Jl. Kaliurang Km 5 No 34
(Sebelah BNI Syariah)
Telp. 085106556688, 0274-55540 atau,

Joy Dental Seturan
Ruko Seturan Square Kav 9
Jl. Seturan Raya No 1
(Ruko Orange - Timur Bungong Jeumpa)
Telp. 085107556699, 0274-4332963 atau,

Joy Dental Bantul
RingRoad Barat, Selatan UMY
(setelah Jl. Rajawali antara Apotek Rahma dan RM Danu)
Telp. 081215408887 atau,

Joy Dental Barek
Jl. Agro, Karangasem, Barek
(200m timur Gudeg Ahmad)
Telp. 087739385888, 0274-5011471

Anda juga dapat mengisi kolom konsultasiPemasangan Retainer... baca selengkapnya... pada FORM KONTAK KONSULTASI. Anda juga dapat memberikan komentar pada artikel ini untuk memberikan masukan, konsultasi atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Artikel ini bisa dicari dengan beberapa istilah yang berbeda seperti tambal gigi, tambal gigi permanenJenis Gigi Palsu atau Gigi Tiruan... baca selengkapnya..., tambal gigi depan, harga tambal gigi, harga tambal gigi permanen, tambal gigi sementara tahan berapa lama, cara merawat gigi yang ditambal, biaya tambal gigi depan, cara merawat gigi tambalan, harga tambal gigi depan dan lain sebagainya.

Setiap pertanyaan anda akan kami jawab dengan senang hati demi memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemasangan behelProsedur dan Biaya Pemasangan Behel... baca selengkapnya... gigi atau kawat gigi

216 thoughts on “Berapa lama tambal gigi bisa tahan?

  1. Ningrum

    Dok, saya mau tanya, harga untuk nambal gigi berapa ya?

    • admin

      Selamat siang Ningrum, untuk biaya tambal gigi sudah dikirimkan via email ya. Kapan rencana mau ke Joy Dental? Terima Kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca juga artikel ini . . . .close