Benarkah Kesehatan Gigi dan Gusi Mempengaruhi Jantung

Saat ini, para ahli masih belum menemukan hubungan yang jelas antara kesehatan gigi dan penyakit jantung. Walaupun terdapat beberapa teori mengenai hal ini, akan tetapi belum ada bukti jelas yang menunjukkan adanya hubungan antara gangguan gusi dengan penyakit jantung. Hubungan ini mungkin lebih berhubungan dengan kesadaran diri akan kesehatan dan kebersihan diri, di mana orang yang memiliki gigi yang sehat dan rajin merawat gigi serta gusinya mungkin juga rajin berolahraga.

Hubungan Gangguan Gusi dan Penyakit Jantung

Baik gangguan gusi maupun penyakit jantung berhubungan dengan adanya proses peradangan (inflamasi) di dalam tubuh. Gingivitis atau peradangan gusi terjadi ketika gusi meradang dan bakteri masuk ke dalam jaringan gusi.
Sementara itu, penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) juga berhubungan dengan peradangan. Pada aterosklerosis, terbentuk suatu kumpulan lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah yang diakibatkan oleh suatu reaksi peradangan.
Beberapa penelitian menemukan bahwa gangguan gusi merupakan salah satu faktor resiko penyakit jantung koroner, gangguan pembuluh darah dan arteri yang memperdarahi otak sehingga juga merupakan salah satu faktor resiko stroke.
Penelitian lainnya menemukan bahwa orang yang memiliki gigi yang lebih sedikit dan memiliki banyak gangguan gusi memiliki resiko stroke yang lebih tinggi. Akan tetapi, beberapa penelitian lainnya tidak menemukan adanya hubungan gangguan gusi dan stroke.
Penelitian lainnya menemukan adanya hubungan langsung antara penyumbatan pembuluh darah tepi di kaki dan gangguan gusi.
Akan tetapi, sebuah penelitian yang dilakukan 2 tahun lalu di Amerika tidak menemukan bukti bahwa gangguan gusi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke atau bahwa mengobati berbagai gangguan gusi tersebut dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Kesimpulannya adalah masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hubungan antara gangguan gusi dan penyakit jantung atau stroke.
Walaupun para ahli masih belum menemukan bukti nyata adanya hubungan sebab akibat antara kesehatan jantung dan mulut, para ahli menemukan bahwa:
•    Bakteri penyebab kedua gangguan ini hampir sama. Bakteri yang menyebabkan gangguan gusi juga ditemukan pada pembuluh darah yang mengalami aterosklerosis
•    Baik gangguan gusi maupun penyakit jantung berhubungan dengan proses inflamasi atau peradangan
Meskipun belum ditemukan adanya hubungan yang pasti antara kesehatan mulut dengan penyakit jantung, diimbau agar para dokter gigi memberitahu pasiennya yang menderita gangguan gusi sedang hingga berat bahwa mereka memiliki resiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah yang lebih tinggi, terutama bila pasien tersebut juga memiliki faktor resiko penyakit jantung lainnya seperti merokok dan tekanan darah tinggi. Lakukanlah pemeriksaan kesehatan anda secara teratur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *