Bau Mulut? Simak Cara Pencegahannya

JAKARTA – Penampilan sangat menunjang aktivitas kita sehari-hari, baik dari mix and match pakaian, kebersihan badan, dan yang tak luput menunjang adalah kesehatan rongga mulut. Tidak mau kan, rekan kerja malas bertemu dengan Ganlobers karena mulut Ganlobers mengeluarkan bau yang tidak sedap?
Bau mulut atau dalam bahasa kesehatan disebut halitosis, tidak hanya disebabkan oleh banyaknya karang gigi. Namun juga disebabkan adanya plak yang menumpuk, gigi yang berlubang, peradangan gusi, kebiasaan merokok, bahkan penyakit yang tidak berhubungan dengan gigi, seperti diabetes, asam lambung meningkat, juga dapat memengaruhi.

Sebagian orang berpikir dengan sikat gigi teratur, dan menggunakan obat kumur cukup untuk membasmi bau mulut. Ternyata perlu diketahui bahwa sikat gigi dengan cara yang benar hanya mampu menghilangkan plak yang menempel di gigi. Selain itu juga, sikat gigi yang tidak benar akan menyebabkan plak semakin banyak dan menyebabkan peradangan gusi.

Karang gigi yang menyebabkan bau mulut tidak akan hilang hanya dengan menyikat gigi dan berkumur, namun harus dibersihkan dengan pembersihan karang gigi atau scalling secara teratur minimal 6 bulan sekali. “Gigi berlubang pun sangat bisa menyebabkan bau mulut,” ungkap drg Dian Permatasari. Reaksi dari bakteri dan sisa makanan lama kelamaan gigi menjadi hitam dan keropos. Jika tidak segera ditambal, akan meluas hingga ke daerah saraf gigi dan menimbulkan gas yang sangat membuat tidak nyaman saat berbicara.

Rongga mulut pun menjadi cerminan kesehatan Ganlobers secara keseluruhan. Saat kondisi gigi Ganlobers baik-baik saja, tidak ada yang berlubang, tidak ada karang gigi, namun bau mulut sangat mengganggu Ganlobers, bisa jadi Ganlobers sedang tidak sehat. Ada baiknya Ganlobers cek kesehatan Ganlobers ke dokter agar bau mulut bisa ditangani.
Beberapa hal yang bisa Ganlobers lakukan agar tidak terganggu dengan bau mulut; pertama tentunya hal yang paling sederhana yaitu sikat gigi minimal pagi setelah makan, dan malam sebelum tidur, setelah itu boleh ditambah penggunaan obat kumur untuk menyempurnakan pembersihan gigi. Penggunaan dental floss atau benang gigi dapat juga membantu jika ada makanan yang terselip di antara gigi. Selain itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan minum air putih juga dapat meningkatkan kebersihan mulut Ganlobers. Hal lain yang tidak kalah penting adalah pembersihan karang gigi serta cek kesehatan gigi Ganlobers ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

sumber : http://ganlob.com/2013/03/5244/bau-mulut-simak-cara-pencegahannya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *