Apakah Behel dan Pemutih Gigi Bisa Bikin Gigi Sensitif?

Penggunaan behel atau kawat gigi sudah dianggap gaya hidup untuk orang-orang kota, terutama di kalangan anak muda. Begitu juga dengan pemutihan gigi, agar bisa tampil lebih percaya diri. Tapi benarkah behel dan pemutihan gigi dapat menyebabkan gigi sensitif?

“Umumnya yang membuat gigi menjadi sensitif karena adanya penipisan lapisan email gigi,” ujar drg Rahma Landy, dari GSK Dental Detailing Manager, Selasa (23/10/2012).

Berbeda dengan kelainan gigi lainnya, gigi sensitif terjadi karena ada penipisan lapisan email (lapisan terluar gigi). Akibatnya, lapisan di bawahnya yang disebut dentin (lapisan tengah gigi) jadi terbuka.

drg Rahma menuturkan ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya penipisan lapisan email, yaitu:

1. Penyikatan gigi yang terlalu kuat
2. Penggunaan bulu sikat gigi yang terlalu kasar atau keras
3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam.

Jadi, penggunakan behel dan tindakan pemutihan gigi pada dasarnya tidak akan menyebabkan gigi sensitif sepanjang pemakaiannya benar dan tidak berlebihan, serta di bawah pengawasan dokter.

Gigi sensitif terjadi jika dentin yang terdiri dari tabung-tabung bernama tubula, terbuka dan kena rangsangan dari dingin, panas, manis atau asam, yang akan memicu ujung saraf yang tersambung pada dentin, sehingga menimbulkan rasa ngilu yang tajam.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *